Fungsi dan Kegunaan Website
Di bawah ini terdapat beberapa fungsi website dan kegunaan website tersebut, yaitu :
1. Website sebagai tempat untuk mendapatkan informasi dan berinteraksi.
Website bisa digunakan sebagai dijadikan sebagai sarana interaksi antar sesama netter (pengguna internet). Melalui website, Anda bisa memperoleh informasi yang akurat dan tepat karena di dalam website biasanya terdapat informasi yang sedang Anda cari dan berbagai hak yang mungkin belum Anda ketahui sehingga Anda juga mandapatkan informasi yang lebih banyak dengan adanya website itu.
Selain itu, orang yang ingin menanyakan sesuatu kepada pengelola website menjadi lebih mudah karena biasanya pada situs terdapat kontak yang bisa dihubungi atau no.HP atau no.telepon atau fasilitas kontak langsung kepada pengelola website dengan memanfaatkan YM (e-mail dari yahoo). Jika ada beberapa hal yang Anda tanyakan, Anda bisa langsung memanfaatkan berbagai fasilitas untuk bisa mendapatkan sebuah jawaban atau data dari pengelola website tersebut.
Website bisa digunakan sebagai dijadikan sebagai sarana interaksi antar sesama netter (pengguna internet). Melalui website, Anda bisa memperoleh informasi yang akurat dan tepat karena di dalam website biasanya terdapat informasi yang sedang Anda cari dan berbagai hak yang mungkin belum Anda ketahui sehingga Anda juga mandapatkan informasi yang lebih banyak dengan adanya website itu.
Selain itu, orang yang ingin menanyakan sesuatu kepada pengelola website menjadi lebih mudah karena biasanya pada situs terdapat kontak yang bisa dihubungi atau no.HP atau no.telepon atau fasilitas kontak langsung kepada pengelola website dengan memanfaatkan YM (e-mail dari yahoo). Jika ada beberapa hal yang Anda tanyakan, Anda bisa langsung memanfaatkan berbagai fasilitas untuk bisa mendapatkan sebuah jawaban atau data dari pengelola website tersebut.
2. Mempermudah komunikasi.
Mempermudah komunikasi berarti orang yang mempunyai website tersebutmemanfaatkan website untuk berkomunikasi dengan para para pelanggan dan orang yang ingin mendapatkan informasi dari pemilik website . Perusahaan ataupun per orangan bisa menjalin komunikasi melalui email ataupun informasi kontak yang ada pada website. Komunikasi melaluiwebsite akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan tidak adanya suatuwebsite. Walaupun adanya perbedaan lokasi sangat jauh dan sudah tentu lebih efisien dalam hal biaya dan waktu.
3. Menghasilkan uang melalui website.
Anda bisa mendapatkan uang dari website yang telah Anda buat. Dengan semakin banyaknya pengguna internet saat ini maka penyaluran suatu barang dapat dilakukan melalui internet. Pengunjung bisa langsung membeli produk yang dijual melalui internet dengan persetujuan Anda.
Selain itu, jika setiap hari website memiliki pengunjung yang cukup banyak, biasanya ada orang yang menjalankan bisnis online yang lain ingin supaya usahanya atau bisnisnya juga diketahui dan dikenal banyak orang dengan beriklan di website Anda. Iklan yang ingin dipasang pada website Anda harus dengan persetujuan Anda. Orang yang ingin supaya usahanya atau bisnisnya ditampilakn pada website yang Anda miliki, maka orang itu bisa memberikan biaya untuk beriklan di website Anda sesuai keinginan Anda atau sesuai kesepakatan Anda dan orang yang ingin beriklan pada website Anda. Anda bisa mengenakan biaya sekitar Rp 5000,0 sampai Rp 40.000,- atau bahkan hingga Rp 100.000,- jika Anda menginginkannya.
4. Sarana untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi.
Dengan adanya website , pesan dan informasi bisnis dapat disampaikan lebih mudah, cepat dan up to date. Cukup dengan menulis dan memosting hal-hal yang Anda inginkan pada website Anda. Jika orang ingin mengetahui informasi atau pesan dari Anda, maka orang itu cukup membuka alamatwebsite Anda dan mencarinya pada website Anda.
5. Peluang untuk mendapatkan pelanggan lebih besar.
Jangkauan internet tidak mengenal batas wilayah, ruang, dan waktu. Websiteyang dibuat di kota Malang, bisa dilihat di Jakarta, Surabaya, Tuban, Solo, Banjarmasin dan dapat diakses di seluruh dunia (jika ada peralatan yang mendukung dan jaringan internet). Dengan adanya jangkauan seperti itu, maka potensi Anda untuk mendapatkan pelanggan lebih besar, karena informasi bisnis atau produk dari Anda bisa dilihat oleh orang di kota lain (dengan syarat ada peralatan yang mendukung dan jaringan internet).
6. Mempunyai image lebih profesional.
Dengan adanya website , Anda bisa dianggap atau memiliki image lebih baik, profesional dan bermutu dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki website.
7. Menghemat biaya dalam komunikasi.
Informasi mengenai produk baru dan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain dapat secara mudah Anda kirim kepada pelanggan atau orang yang menginginkan melalui email dan website. Seandainya terdapat pesan berupa tulisan yang sangat banyak, apakah mungkin pesan berupa tulisan itu Anda sampaikan melalui via SMS. Memang itu mungkin, tapi memerlukan biaya lebih untuk bisa mengirimkannya. Jika dilihat, sudah adawebsite dan e-mail, tapi Anda tetap memakai SMS untuk mengirimkan pesan yang berupa tulisan, apakah tidak lucu jika pelanggan menerima SMS itu? Apakah Anda tidak khawatir jika pelanggan Anda tertawa karena Anda dianggap ketinggalan zaman dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi (kecuali sudah ada kesepakatan tertentu)? Hehehehehehe…..12345678910x. Itu seandainya terjadi dan anggapan dari pelanggan muncul seperti itu.
8. Sebagai tempat promosi.
Selain untuk mempermudah komunikasi maka website dapat digunakan sebagai sarana untuk promosi dari suatu perusahaan atau per orangan yang menjalankan bisnis online. Selain katalog, brosur maupun iklan dan media cetak lainnya di toko Anda atau di tempat Anda bekerja, dengan mempunyaiwebsite di internet dapat memperluas jaringan promosi sebuah perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Orang yang ingin mengetahui segala informasi tentang bisnis yang Anda jalankan (tentang suatu perusahaan) bisa melihat informasi dari website tersebut.
Tapi Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam pembuatan websitedengan tujuan promosi, yaitu bahwa website merupakan sarana pendukung promosi. Hal itu sangat berbeda dengan media promosi utama lainnya seperti banner, poster, stiker, kartu nama dan iklan di media cetak lainnya. Sebaiknya isi dalam situs itu tidak hanya memindahkan isi media promosi lain (seperti banner, poster, stiker, kartu nama) ke website yang telah Anda buat, tapi sebaiknya harus lebih rinci, jelas dan akurat. Seseorang yang yang membuka website biasanya memerlukan informasi yang lebih banyak dan detail dibandingkan dengan media promosi lainnya.
JENIS - JENIS WEBSITE :
Jenis Website berdasarkan sifatnya:
1. Website Dinamis, merupakan website yang contentnya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis ini antara lain adalah wikipedia, detik, tokobagus dan blog tentang internet marketing ini. Faktor utama yang membuat sebuah web menjadi dinamis adalah Content Management System. Dengan adanya CMS ini, siapapun yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate contentnya dengan sangat mudah.
2. Website Statis, merupakan website yang jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan yang sangat sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil organisasi. Website statis seringkali juga berfungsi hanya sebagai brosur atau kartu nama digital perusahaan.
Selain sifat, biasanya jenis website juga dibedakan berdasarkan fungsi utamanya.
Selanjutnya dibawah ini adalah jenis-jenis website apabila dibedakan berdasarkan fungsinya:
1. Search Engine.
Website Search Engine adalah website yang menyediakan layanan mesin pencari. Fungsi dari website ini adalah sebagai pencari website lain. Contohnya adalah Google, dan Yahoo!.
2. Blog.
Blog ini bisa dibilang catatan harian dari pemilik website. Isi yang tercantum di website blog atau weblog ini biasanya berupa cerita atau pemikiran-pemikiran. Fungsi dari website blog adalah publikasi artikel / content yang berfokus pada manajemen artikel. Contohnya adalah blog tentang internet marketing ini.
3. Networking.
Contoh dari website networking ini adalah facebook dan twitter, dimana website menyediakan fasilitas untuk para member agar dapat berinteraksi dengan member yang lain.
4. Forum.
Website forum sebenarnya mirip dengan website networking, namun lebih berfokus pada kemampuan para member untuk berdiskusi maupun bertukar informasi dan pemikiran. Website forum yang terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus.
5. Berita.
Website berita berfungsi untuk mengelola dan mempublikasikan berita kepada para pengunjung di internet. Website berita yang paling banyak pengunjungnya di Indonesia sekarang ini adalah detik.
6. Gallery.
Fungsi dari website gallery adalah menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online, mengelolanya, kemudian mempublikasikannya.
Contoh website gallery adalah picasa.
7. Multimedia.
Siapa yang tidak tahu Youtube? Itulah contoh website multimedia, dimana kita dapat melakukan streaming untuk video, maupun audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengakses website multimedia akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi yang cukup tinggi.
8. E-Learning.
Biasanya website e-learning dimanfaatkan oleh organisasi pendidikan untuk menyediakan fasilitas belajar melalui internet. Pembelajaran dapat menjadi interaktif dengan adanya website e-learning ini.
Contoh website e-learning adalah website-website universitas.
9. E-Commerce.
Website E-Commerce adalah yang paling boom-ing sekarang ini. Website jenis E-Commerce berperan sebagai toko virtual dimana para pengunjung dapat melakukan aktivitas dimulai dari melihat-lihat hingga membeli barang yang mereka inginkan.
Contoh website E-Commerce yang paling terkenal adalah E-Bay.
Jenis -Jenis Website yang Lebih Spesifik :
1. Afiliasi – Sebuah situs di mana Anda posting link ke produk dan layanan yang Anda rekomendasikan dan ketika pengunjung mengklik link atau pembelian produk pemilik website kalian akan menerima komisi. lembaga afiliasi situs
Contoh : Commission Junction, ClickBank, eJunkie, dll
2. Situs Arsip – jenis situs ini digunakan untuk menyimpan informasi tentang topik tertentu, ditujukan untuk penelitian atau hiburan.
Contoh : Internet Archive dan Way Back Machine
3. Blog (atau weblog) – Situs yang umumnya digunakan sebagai buku harian online termasuk diskusi atau forum. Software Blogging telah berevolusi selama bertahun-tahun untuk melakukan lebih dari sekedar memposting pemikiran Anda. Sistem blogging yang Anda pilih dapat dimodifikasi dan digunakan untuk semua jenis situs yang ada dalam daftar ini.
Contoh : WordPress, Movable Type dan Blogger.
4. Perusahaan atau situs Bisnis - Digunakan untuk memberikan informasi latar belakang sebuah organisasi, bisnis, atau layanan.
Contoh : General Motors, General Electric, dan PepsiCo.
5. Commerce situs atau situs eCommerce – Adalah semua jenis bisnis, atau transaksi komersial, yang melibatkan transfer informasi di Internet. Ini mencakup berbagai jenis bisnis yang berbeda, dari konsumen ritel berbasis situs, melalui situs lelang atau musik, untuk perdagangan bursa bisnis barang dan jasa antara perusahaan.
Contoh : Amazone dan Lazada
6. Situs Komunitas (social network) – Sebuah situs di mana orang dengan minat yang sama berkomunikasi satu sama lain, biasanya dengan chat atau papan pesan.
27. Wiki site – Sebuah situs yang pengguna bersama-sama mengedit informasi untuk menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia.
Contoh : Wikipedia.
Mempermudah komunikasi berarti orang yang mempunyai website tersebutmemanfaatkan website untuk berkomunikasi dengan para para pelanggan dan orang yang ingin mendapatkan informasi dari pemilik website . Perusahaan ataupun per orangan bisa menjalin komunikasi melalui email ataupun informasi kontak yang ada pada website. Komunikasi melaluiwebsite akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan tidak adanya suatuwebsite. Walaupun adanya perbedaan lokasi sangat jauh dan sudah tentu lebih efisien dalam hal biaya dan waktu.
3. Menghasilkan uang melalui website.
Anda bisa mendapatkan uang dari website yang telah Anda buat. Dengan semakin banyaknya pengguna internet saat ini maka penyaluran suatu barang dapat dilakukan melalui internet. Pengunjung bisa langsung membeli produk yang dijual melalui internet dengan persetujuan Anda.
Selain itu, jika setiap hari website memiliki pengunjung yang cukup banyak, biasanya ada orang yang menjalankan bisnis online yang lain ingin supaya usahanya atau bisnisnya juga diketahui dan dikenal banyak orang dengan beriklan di website Anda. Iklan yang ingin dipasang pada website Anda harus dengan persetujuan Anda. Orang yang ingin supaya usahanya atau bisnisnya ditampilakn pada website yang Anda miliki, maka orang itu bisa memberikan biaya untuk beriklan di website Anda sesuai keinginan Anda atau sesuai kesepakatan Anda dan orang yang ingin beriklan pada website Anda. Anda bisa mengenakan biaya sekitar Rp 5000,0 sampai Rp 40.000,- atau bahkan hingga Rp 100.000,- jika Anda menginginkannya.
4. Sarana untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi.
Dengan adanya website , pesan dan informasi bisnis dapat disampaikan lebih mudah, cepat dan up to date. Cukup dengan menulis dan memosting hal-hal yang Anda inginkan pada website Anda. Jika orang ingin mengetahui informasi atau pesan dari Anda, maka orang itu cukup membuka alamatwebsite Anda dan mencarinya pada website Anda.
5. Peluang untuk mendapatkan pelanggan lebih besar.
Jangkauan internet tidak mengenal batas wilayah, ruang, dan waktu. Websiteyang dibuat di kota Malang, bisa dilihat di Jakarta, Surabaya, Tuban, Solo, Banjarmasin dan dapat diakses di seluruh dunia (jika ada peralatan yang mendukung dan jaringan internet). Dengan adanya jangkauan seperti itu, maka potensi Anda untuk mendapatkan pelanggan lebih besar, karena informasi bisnis atau produk dari Anda bisa dilihat oleh orang di kota lain (dengan syarat ada peralatan yang mendukung dan jaringan internet).
6. Mempunyai image lebih profesional.
Dengan adanya website , Anda bisa dianggap atau memiliki image lebih baik, profesional dan bermutu dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki website.
7. Menghemat biaya dalam komunikasi.
Informasi mengenai produk baru dan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain dapat secara mudah Anda kirim kepada pelanggan atau orang yang menginginkan melalui email dan website. Seandainya terdapat pesan berupa tulisan yang sangat banyak, apakah mungkin pesan berupa tulisan itu Anda sampaikan melalui via SMS. Memang itu mungkin, tapi memerlukan biaya lebih untuk bisa mengirimkannya. Jika dilihat, sudah adawebsite dan e-mail, tapi Anda tetap memakai SMS untuk mengirimkan pesan yang berupa tulisan, apakah tidak lucu jika pelanggan menerima SMS itu? Apakah Anda tidak khawatir jika pelanggan Anda tertawa karena Anda dianggap ketinggalan zaman dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi (kecuali sudah ada kesepakatan tertentu)? Hehehehehehe…..12345678910x. Itu seandainya terjadi dan anggapan dari pelanggan muncul seperti itu.
8. Sebagai tempat promosi.
Selain untuk mempermudah komunikasi maka website dapat digunakan sebagai sarana untuk promosi dari suatu perusahaan atau per orangan yang menjalankan bisnis online. Selain katalog, brosur maupun iklan dan media cetak lainnya di toko Anda atau di tempat Anda bekerja, dengan mempunyaiwebsite di internet dapat memperluas jaringan promosi sebuah perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Orang yang ingin mengetahui segala informasi tentang bisnis yang Anda jalankan (tentang suatu perusahaan) bisa melihat informasi dari website tersebut.
Tapi Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam pembuatan websitedengan tujuan promosi, yaitu bahwa website merupakan sarana pendukung promosi. Hal itu sangat berbeda dengan media promosi utama lainnya seperti banner, poster, stiker, kartu nama dan iklan di media cetak lainnya. Sebaiknya isi dalam situs itu tidak hanya memindahkan isi media promosi lain (seperti banner, poster, stiker, kartu nama) ke website yang telah Anda buat, tapi sebaiknya harus lebih rinci, jelas dan akurat. Seseorang yang yang membuka website biasanya memerlukan informasi yang lebih banyak dan detail dibandingkan dengan media promosi lainnya.
JENIS - JENIS WEBSITE :
Jenis Website berdasarkan sifatnya:
1. Website Dinamis, merupakan website yang contentnya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis ini antara lain adalah wikipedia, detik, tokobagus dan blog tentang internet marketing ini. Faktor utama yang membuat sebuah web menjadi dinamis adalah Content Management System. Dengan adanya CMS ini, siapapun yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate contentnya dengan sangat mudah.
2. Website Statis, merupakan website yang jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan yang sangat sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil organisasi. Website statis seringkali juga berfungsi hanya sebagai brosur atau kartu nama digital perusahaan.
Selain sifat, biasanya jenis website juga dibedakan berdasarkan fungsi utamanya.
Selanjutnya dibawah ini adalah jenis-jenis website apabila dibedakan berdasarkan fungsinya:
1. Search Engine.
Website Search Engine adalah website yang menyediakan layanan mesin pencari. Fungsi dari website ini adalah sebagai pencari website lain. Contohnya adalah Google, dan Yahoo!.
2. Blog.
Blog ini bisa dibilang catatan harian dari pemilik website. Isi yang tercantum di website blog atau weblog ini biasanya berupa cerita atau pemikiran-pemikiran. Fungsi dari website blog adalah publikasi artikel / content yang berfokus pada manajemen artikel. Contohnya adalah blog tentang internet marketing ini.
3. Networking.
Contoh dari website networking ini adalah facebook dan twitter, dimana website menyediakan fasilitas untuk para member agar dapat berinteraksi dengan member yang lain.
4. Forum.
Website forum sebenarnya mirip dengan website networking, namun lebih berfokus pada kemampuan para member untuk berdiskusi maupun bertukar informasi dan pemikiran. Website forum yang terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus.
5. Berita.
Website berita berfungsi untuk mengelola dan mempublikasikan berita kepada para pengunjung di internet. Website berita yang paling banyak pengunjungnya di Indonesia sekarang ini adalah detik.
6. Gallery.
Fungsi dari website gallery adalah menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online, mengelolanya, kemudian mempublikasikannya.
Contoh website gallery adalah picasa.
7. Multimedia.
Siapa yang tidak tahu Youtube? Itulah contoh website multimedia, dimana kita dapat melakukan streaming untuk video, maupun audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengakses website multimedia akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi yang cukup tinggi.
8. E-Learning.
Biasanya website e-learning dimanfaatkan oleh organisasi pendidikan untuk menyediakan fasilitas belajar melalui internet. Pembelajaran dapat menjadi interaktif dengan adanya website e-learning ini.
Contoh website e-learning adalah website-website universitas.
9. E-Commerce.
Website E-Commerce adalah yang paling boom-ing sekarang ini. Website jenis E-Commerce berperan sebagai toko virtual dimana para pengunjung dapat melakukan aktivitas dimulai dari melihat-lihat hingga membeli barang yang mereka inginkan.
Contoh website E-Commerce yang paling terkenal adalah E-Bay.
Jenis -Jenis Website yang Lebih Spesifik :
1. Afiliasi – Sebuah situs di mana Anda posting link ke produk dan layanan yang Anda rekomendasikan dan ketika pengunjung mengklik link atau pembelian produk pemilik website kalian akan menerima komisi. lembaga afiliasi situs
Contoh : Commission Junction, ClickBank, eJunkie, dll
2. Situs Arsip – jenis situs ini digunakan untuk menyimpan informasi tentang topik tertentu, ditujukan untuk penelitian atau hiburan.
Contoh : Internet Archive dan Way Back Machine
3. Blog (atau weblog) – Situs yang umumnya digunakan sebagai buku harian online termasuk diskusi atau forum. Software Blogging telah berevolusi selama bertahun-tahun untuk melakukan lebih dari sekedar memposting pemikiran Anda. Sistem blogging yang Anda pilih dapat dimodifikasi dan digunakan untuk semua jenis situs yang ada dalam daftar ini.
Contoh : WordPress, Movable Type dan Blogger.
4. Perusahaan atau situs Bisnis - Digunakan untuk memberikan informasi latar belakang sebuah organisasi, bisnis, atau layanan.
Contoh : General Motors, General Electric, dan PepsiCo.
5. Commerce situs atau situs eCommerce – Adalah semua jenis bisnis, atau transaksi komersial, yang melibatkan transfer informasi di Internet. Ini mencakup berbagai jenis bisnis yang berbeda, dari konsumen ritel berbasis situs, melalui situs lelang atau musik, untuk perdagangan bursa bisnis barang dan jasa antara perusahaan.
Contoh : Amazone dan Lazada
6. Situs Komunitas (social network) – Sebuah situs di mana orang dengan minat yang sama berkomunikasi satu sama lain, biasanya dengan chat atau papan pesan.
Contoh : Facebook , Twitter , dan Google+
7. Situs Database – Sebuah situs yang tujuan utama adalah untuk mencari, menampilkan dan menyimpan data produksi, personil dll dari perusahaan tertentu.
8. Situs Pengembang - Sebuah situs di mana informasi dan sumber daya disediakan untuk mata pelajaran yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak, desain web dan pemrograman.
9. Situs Direktori - Sebuah situs yang berisi daftar informasi yang terorganisir ke dalam kategori dan subkategori tersebut.
Contoh : Yahoo!Directory dan Open Directory Project.
10. Situs Download - Digunakan untuk men-download konten elektronik seperti perangkat lunak, permainan, demo dan desktop wallpaper.
Contoh : Tucows dan ZDNet.
11. Situs kerja – Memungkinkan majikan untuk posting iklan lowongan kerja untuk posisi sehingga calon karyawan mungkin berlaku.
Contoh : Rakasa, HotJobs dan CareerBuilder.
12. Situs Erotika – menampilkan video seksual dan konten gambar porno.
Contoh : Tidak ditampilkan
13. Situs Humor – Tujuan utama dari situs ini tidak lebih dari menghibur dan menghibur.
Contoh : Bored , 9GAG
14. Situs Informasi – Berisi konten yang dimaksudkan untuk menginformasikan pengunjng, tetapi belum tentu untuk tujuan komersial. Sebagian besar pemerintah, lembaga pendidikan memiliki situs informasi.
15. Intranet situs – Sebuah situs yang dibuat untuk sekelompok karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan tertentu Intranet hanya dapat dilihat oleh karyawan saat ini bekerja di sana dan biasanya menyimpan informasi proyek internal dan kejadian perusahaan.
16. Situs Mirror - Sebuah reproduksi lengkap dari sebuah website.
17. Situs Berita – Serupa dengan situs informasi, tetapi didedikasikan untuk meracik berita dan komentar.
Contoh : CNN, New okezone dan liputan6.com.
18. Personal homepage – dijalankan oleh perorangan atau kelompok kecil (seperti keluarga) yang berisi informasi atau konten yang orang lain tidak akan dapat melihatnya.
19. Situs Phish – Sebuah website yang diciptakan oleh penipu dan memperoleh informasi sensitif, seperti password dan rincian kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang yang dapat dipercaya atau bisnis
Contoh : Social Security Administration, PayPal
20. Situs Politik – Sebuah situs di mana seseorang mungkin posting tentang pandangan politik, semacam Huffington Post.
21. Situs Pornografi (porno) - Sebuah situs yang menunjukkan gambar-gambar porno dan video.
Contoh : Tidak ditampilkan
22. Situs Rating – Sebuah situs di mana orang dapat memuji atau merendahkan suatu produk, tempat atau layanan.
23. Situs Review – Sebuah situs di mana orang dapat posting review untuk produk atau jasa.
24. Search Engine - Sebuah situs yang menyediakan informasi umum dan dimaksudkan sebagai gateway atau pencarian untuk situs lain.
7. Situs Database – Sebuah situs yang tujuan utama adalah untuk mencari, menampilkan dan menyimpan data produksi, personil dll dari perusahaan tertentu.
8. Situs Pengembang - Sebuah situs di mana informasi dan sumber daya disediakan untuk mata pelajaran yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak, desain web dan pemrograman.
9. Situs Direktori - Sebuah situs yang berisi daftar informasi yang terorganisir ke dalam kategori dan subkategori tersebut.
Contoh : Yahoo!Directory dan Open Directory Project.
10. Situs Download - Digunakan untuk men-download konten elektronik seperti perangkat lunak, permainan, demo dan desktop wallpaper.
Contoh : Tucows dan ZDNet.
11. Situs kerja – Memungkinkan majikan untuk posting iklan lowongan kerja untuk posisi sehingga calon karyawan mungkin berlaku.
Contoh : Rakasa, HotJobs dan CareerBuilder.
12. Situs Erotika – menampilkan video seksual dan konten gambar porno.
Contoh : Tidak ditampilkan
13. Situs Humor – Tujuan utama dari situs ini tidak lebih dari menghibur dan menghibur.
Contoh : Bored , 9GAG
14. Situs Informasi – Berisi konten yang dimaksudkan untuk menginformasikan pengunjng, tetapi belum tentu untuk tujuan komersial. Sebagian besar pemerintah, lembaga pendidikan memiliki situs informasi.
15. Intranet situs – Sebuah situs yang dibuat untuk sekelompok karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan tertentu Intranet hanya dapat dilihat oleh karyawan saat ini bekerja di sana dan biasanya menyimpan informasi proyek internal dan kejadian perusahaan.
16. Situs Mirror - Sebuah reproduksi lengkap dari sebuah website.
17. Situs Berita – Serupa dengan situs informasi, tetapi didedikasikan untuk meracik berita dan komentar.
Contoh : CNN, New okezone dan liputan6.com.
18. Personal homepage – dijalankan oleh perorangan atau kelompok kecil (seperti keluarga) yang berisi informasi atau konten yang orang lain tidak akan dapat melihatnya.
19. Situs Phish – Sebuah website yang diciptakan oleh penipu dan memperoleh informasi sensitif, seperti password dan rincian kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang yang dapat dipercaya atau bisnis
Contoh : Social Security Administration, PayPal
20. Situs Politik – Sebuah situs di mana seseorang mungkin posting tentang pandangan politik, semacam Huffington Post.
21. Situs Pornografi (porno) - Sebuah situs yang menunjukkan gambar-gambar porno dan video.
Contoh : Tidak ditampilkan
22. Situs Rating – Sebuah situs di mana orang dapat memuji atau merendahkan suatu produk, tempat atau layanan.
23. Situs Review – Sebuah situs di mana orang dapat posting review untuk produk atau jasa.
24. Search Engine - Sebuah situs yang menyediakan informasi umum dan dimaksudkan sebagai gateway atau pencarian untuk situs lain.
Contoh : adalah Google, Yahoo dan Bing.
25. Warez - Sebuah situs yang isinya perangkat lunak ilegal dan media elektronik lainnya yang dapat di-download.
25. Warez - Sebuah situs yang isinya perangkat lunak ilegal dan media elektronik lainnya yang dapat di-download.
26. Portal Web – Sebuah situs yang menyediakan titik awal atau pintu gerbang ke sumber daya lainnya di Internet atau intranet.
27. Wiki site – Sebuah situs yang pengguna bersama-sama mengedit informasi untuk menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia.
Contoh : Wikipedia.
Kriteria Web Yang Baik
Sebuah website/blog dapat dinilai memiliki desain yang baik apabila memenuhi kriteria penilaian tertentu yang mungkin saja berbeda tergantung dari sudut pandang penilai. Meskipun demikian, secara umum terdapat lima kriteria desain website yang baik yang bisa digunakan sebagai acuan bagi Anda untuk membuat desain website/blog Anda sendiri atau hanya sekedar memperbaiki desain website yang sedang Anda gunakan.
Pengunjung baru sebagai target utama
Tujuan yang digunakan sebagai dasar acuan kriteria-kriteria berikut adalah pengunjung baru dimana tentunya kesan pertama memiliki nilai tersendiri di mata mereka. Biasanya, pada kunjungan kedua dan seterusnya, penilaian akan beralih pada hal lainnya seperti konten website/blog yang bersangkutan. Pentingnya menunjukkan kesan pertama yang menggoda dalam sebuah desain website bisa dianalogikan dengan ketika Anda mencoba menunjukkan kesan pada lawan jenis bahwa Anda adalah sosok yang menawan.
Kriteria Desain Website yang Baik :
1. Waktu loading yang cepat
Dari sudut pandang manapun, waktu loading yang cepat harus menjadi perhatian utama. Apabila wesite Anda gagal ditampilkan dengan sempurna dalam waktu beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website/blog Anda. Biasanya ini terjadi pada pengunjung yang berasal dari hasil pencarian dimana mereka membutuhkan informasi yang tepat dan singkat.
2. Tidak memiliki halaman antara
Halaman antara adalah halaman yang ditampilkan sebelum halaman utama ditampilkan yang biasanya disebut dengan Splash Page atau Intermission. Halaman seperti ini biasanya berisi ucapan selamat datang atau bahkan iklan. Halaman seperti ini sering ditemukan, seringkali hanya berisi logo website/blog dengan tulisan “Click here to Enter Site” di bawahnya. Hal ini sungguh mengganggu bagi pengunjung website Anda.
3. Tidak memuat file multimedia yang terlalu banyak
Video dan audio adalah konten multimedia yang cukup mengganggu pengunjung dan memang tidak efektif. Biasanya pengunjung akan langsung mengecilkan volume atau bahkan menutup website/blog Anda. Apabila file multimedia memang diperlukan, buat agar file tersebut tidak langsung dijalankan pada saat website dibuka dan tambahkan link untuk mengaktifkan file multimedia tersebut.
Bentuk lain yang cukup mengganggu adalah gambar animasi, sebisa mungkin tempatkan gambar animasi di luar konten utama website Anda sehingga pengunjung tidak terganggu ketika berusaha membaca konten tersebut.
4. Memberikan pesan, kesan dan tautan yang jelas
Pengunjung akan segera meninggalkan website/blog Anda jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website Anda. Berikanlah informasi yang cukup pada halaman website Anda mengenai isi website tersebut seperti judul yang cukup jelas dibaca dan menginformasikan isi halaman website Anda. Berikan tautan (link) yang menuju halaman-halaman lain pada website Anda.
Tempatkan tautan ini pada tempat yang mudah dijangkau dan jelas terlihat. Hindari pemuatan tautan yang menuju halaman website yang masih dalam pengembangan. Sebagai alternatif, berikan pesan yang menyebutkan bahwa halaman tersebut akan dapat diakses pada jangka waktu tertentu.
5. Memiliki desain dengan struktur yang tepat dan mudah dimengerti
Tentukan struktur penempatan konten website seperti header, footer, menu navigasi dan blok iklan. Usahakan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak dibuat bingung dengan misalnya, menu yang berpindah-pindah.
Usahakan agar pemilihan warna, penempatan logo website dan font yang digunakan konsisten pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak merasa berpindah ke website lainnya. Jangan pernah menempatkan iklan yang lebih banyak daripada konten Anda karena pengunjung tidak mencari iklan melainkan konten website Anda.
Dengan mengikuti kriteria tersebut, peluang Anda dalam memberikan kepuasan kepada pengunjung akan lebih tersedia. Dapat disimpulkan bahwa desain website yang baik dilihat dari sudut pandang target pengunjung bukanlah sebuah website dengan tampilan mewah nan indah, melainkan sebuah desain terstruktur dan informatif serta memberikan kemudahan pada setiap pengunjung untuk mengeksplorasi website Anda.
Meskipun demikian, sebuah desain website yang baik belum tentu bisa membuat penunjung tetap mengunjungi website Anda. Banyak hal lain yang harus juga dipenuhi seperti konten yang selalu ter-update serta akurasi sebuah artikel yang ditawarkan.
SUMBER DAN REFERENSI :
http://zifana.com/2013/08/27-jenis-website/
http://www.mattjunior.com/2013/02/mengenal-jenis-jenis-website/
http://www.satriamultimedia.com/artikel_kriteria_website_yang_baik.html
http://onlinebusiness.sitekno.com/article/60538/fungsi-dan-kegunaan-website.html
Sebuah website/blog dapat dinilai memiliki desain yang baik apabila memenuhi kriteria penilaian tertentu yang mungkin saja berbeda tergantung dari sudut pandang penilai. Meskipun demikian, secara umum terdapat lima kriteria desain website yang baik yang bisa digunakan sebagai acuan bagi Anda untuk membuat desain website/blog Anda sendiri atau hanya sekedar memperbaiki desain website yang sedang Anda gunakan.
Pengunjung baru sebagai target utama
Tujuan yang digunakan sebagai dasar acuan kriteria-kriteria berikut adalah pengunjung baru dimana tentunya kesan pertama memiliki nilai tersendiri di mata mereka. Biasanya, pada kunjungan kedua dan seterusnya, penilaian akan beralih pada hal lainnya seperti konten website/blog yang bersangkutan. Pentingnya menunjukkan kesan pertama yang menggoda dalam sebuah desain website bisa dianalogikan dengan ketika Anda mencoba menunjukkan kesan pada lawan jenis bahwa Anda adalah sosok yang menawan.
Kriteria Desain Website yang Baik :
1. Waktu loading yang cepat
Dari sudut pandang manapun, waktu loading yang cepat harus menjadi perhatian utama. Apabila wesite Anda gagal ditampilkan dengan sempurna dalam waktu beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website/blog Anda. Biasanya ini terjadi pada pengunjung yang berasal dari hasil pencarian dimana mereka membutuhkan informasi yang tepat dan singkat.
2. Tidak memiliki halaman antara
Halaman antara adalah halaman yang ditampilkan sebelum halaman utama ditampilkan yang biasanya disebut dengan Splash Page atau Intermission. Halaman seperti ini biasanya berisi ucapan selamat datang atau bahkan iklan. Halaman seperti ini sering ditemukan, seringkali hanya berisi logo website/blog dengan tulisan “Click here to Enter Site” di bawahnya. Hal ini sungguh mengganggu bagi pengunjung website Anda.
3. Tidak memuat file multimedia yang terlalu banyak
Video dan audio adalah konten multimedia yang cukup mengganggu pengunjung dan memang tidak efektif. Biasanya pengunjung akan langsung mengecilkan volume atau bahkan menutup website/blog Anda. Apabila file multimedia memang diperlukan, buat agar file tersebut tidak langsung dijalankan pada saat website dibuka dan tambahkan link untuk mengaktifkan file multimedia tersebut.
Bentuk lain yang cukup mengganggu adalah gambar animasi, sebisa mungkin tempatkan gambar animasi di luar konten utama website Anda sehingga pengunjung tidak terganggu ketika berusaha membaca konten tersebut.
4. Memberikan pesan, kesan dan tautan yang jelas
Pengunjung akan segera meninggalkan website/blog Anda jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website Anda. Berikanlah informasi yang cukup pada halaman website Anda mengenai isi website tersebut seperti judul yang cukup jelas dibaca dan menginformasikan isi halaman website Anda. Berikan tautan (link) yang menuju halaman-halaman lain pada website Anda.
Tempatkan tautan ini pada tempat yang mudah dijangkau dan jelas terlihat. Hindari pemuatan tautan yang menuju halaman website yang masih dalam pengembangan. Sebagai alternatif, berikan pesan yang menyebutkan bahwa halaman tersebut akan dapat diakses pada jangka waktu tertentu.
5. Memiliki desain dengan struktur yang tepat dan mudah dimengerti
Tentukan struktur penempatan konten website seperti header, footer, menu navigasi dan blok iklan. Usahakan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak dibuat bingung dengan misalnya, menu yang berpindah-pindah.
Usahakan agar pemilihan warna, penempatan logo website dan font yang digunakan konsisten pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak merasa berpindah ke website lainnya. Jangan pernah menempatkan iklan yang lebih banyak daripada konten Anda karena pengunjung tidak mencari iklan melainkan konten website Anda.
Dengan mengikuti kriteria tersebut, peluang Anda dalam memberikan kepuasan kepada pengunjung akan lebih tersedia. Dapat disimpulkan bahwa desain website yang baik dilihat dari sudut pandang target pengunjung bukanlah sebuah website dengan tampilan mewah nan indah, melainkan sebuah desain terstruktur dan informatif serta memberikan kemudahan pada setiap pengunjung untuk mengeksplorasi website Anda.
Meskipun demikian, sebuah desain website yang baik belum tentu bisa membuat penunjung tetap mengunjungi website Anda. Banyak hal lain yang harus juga dipenuhi seperti konten yang selalu ter-update serta akurasi sebuah artikel yang ditawarkan.
SUMBER DAN REFERENSI :
http://zifana.com/2013/08/27-jenis-website/
http://www.mattjunior.com/2013/02/mengenal-jenis-jenis-website/
http://www.satriamultimedia.com/artikel_kriteria_website_yang_baik.html
http://onlinebusiness.sitekno.com/article/60538/fungsi-dan-kegunaan-website.html
0 komentar:
Posting Komentar